KPU SULSEL PERKUAT PEMAHAMAN PENCALONAN PERSEORANGAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2018

Makassar, sulsel.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Rapat Persiapan Penerimaan Dukungan Calon Perseorangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018 di Sulawesi Selatan Hari Kamis (7/9) di Hotel Grand Clarion Makassar.

Kegiatan ini melibatkan Komisioner Divisi Teknis, Kepala Sub Bagian Teknis dan Operator Teknis KPU Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan sebagai peserta. Narasumber pada kegiatan ini adalah Komisioner Divisi Teknis KPU Prov Sul Sel Misna M Attas dan Komisioner  Divisi Hukum KPU Prov Sul Sel Khaerul Mannan SH MH.

Pada Pembukaan, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan Drs Muh Iqbal Latief M.Si mengatakan kegiatan ini untuk persiapan penerimaan dukungan calon perseorangan dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2018 di Sulawesi Selatan. Mengingat verifikasi administrasi dan verfikasi faktual berkas dukungan perseorangan perlu di cermati secara teliti, agar tidak menimbulkan kesalahan dalam pelaksanaannya."Jelas Iqbal

Dalam materinya Komisioner Divisi Teknis Misna M Attas mengatakan, tentang rencana pemetaan TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang bertujuan untuk mendekatkan pemilih dengan TPS demi mencapai target meningkatnya partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak Tahun 2018 yang telah ditetapkan. Metode atau alat bantu yang digunakan dalam pemetaan TPS tersebut yaitu dengan memanfaatkan Aplikasi Google Maps yang tidak membutuhkan biaya mahal. Selanjutnya dari pemetaan TPS akan diwujudkan dengan merencanakan pelatihan pemetaan TPS untuk seluruh operator dalam menginventarisir dan mendata TPS yang digunakan dalam Pilkada Serentak Tahun 2018."ungkap Misna

Perlu diketahui kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan membahas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tentang Pencalonan yang disandingkan dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 tentang jadwal tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018. Dimana KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan yang akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual berkas pasangan calon Perseorangan kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2018.(MHS)