ILHAM SAPUTRA SATUKAN PERSEPSI TENTANG TEKNIS PAW ANGGOTA DPRD PROVINSI DAN DPRD KABUPATEN/KOTA

Makassar, sulsel.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pergantian Antar Waktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Hari Minggu (29/10) di Hotel Grand Clarion Makassar. Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut adalah Anggota KPU Divisi Teknis dan Kepala Sub Bagian Teknis KPU Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan.

Komisioner Divisi Teknis KPU SulSel Misna M Attas dalam paparan materinya mengatakan Fenomena PAW ini Seringkali menimbulkan sengketa hukum di kemudian harinya, khususnya salah satu pihak yang umumnya adalah mereka yang dikarenakan pemecatan atau pergantian yang merasakan ketidakadilan atas apa yang terjadi dengan jabatan mereka.

Olehnya itu dikegiatan ini kita bersama sama membangun pengetahuan dan pemahaman yang sama terkait proses pelaksanaan Penggantian Antar Waktu Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota guna menghindari perselisihan hukum nantinya."Ungkap mantan Ketua KPU Makassar ini

Lanjut Komisioner KPU Republik Indonesia Ilham Saputra dalam materinya mengatakan bahwa Pergantian Antar Waktu Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dengan sistem penempatan anggota DPRD itu sendiri.

Dalam penempatan anggota legislatif di daerah dan pusat melalui mekanisme sistem pemilihan umum Nasional dan orang orang yang akan  ditempatkan tersebut harus merupakan orang yang dicalonkan oleh partai politik untuk dipilih oleh rakyat."Jelas Ilham

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun pengetahuan dan pemahaman yang sama terkait teknis PAW Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan. (MHS)