Minggu , September 20 2020
Home / Berita / Ditengah Pandemi Covid 19, KPU Sulsel Tetap Melayani Masyarakat

Ditengah Pandemi Covid 19, KPU Sulsel Tetap Melayani Masyarakat

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) membuat aktifitas terhenti untuk semetara waktu, kegiatan berkumpul dan berinteraksi di luar rumah saat ini juga ditiadakan untuk memutuskan mata rantai penularan Covid 19, organisasi kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) sudah mengeluarkan protokol dalam menyikapi Covid 19 ini, mulai dari Physical Distancing sampai anjuran memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Dalam situasi seperti yang sudah dijelaskan di atas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan terus berupaya melayani masyarakat dalam hal permohonan data dan informasi, olehnya itu KPU Provinsi Sulawesi Selatan tetap membuka pelayanan permohonan data dan informasi di Elektronik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (e-PPID) untuk melayani masyarakat tanpa harus ke kantor KPU SulSel.

Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel M. Asri mengatakan ditengah Pandemi Covid 19 ini kami tetap melayani masyarakat dalam hal permohanan data dan informasi.

“Ditengah pandemi Covid 19 saat ini, kami tetap melayani masyarakat dalam hal permohonan data dan informasi, sedianya pelayanan tersebut bisa dilakukan secara online tanpa harus masyarakat datang langsung ke kantor kami, “jelas asri.

Lanjut kasubag teknis penyelenggaraan pemilu dan hubungan partisipasi masyarakat tersebut menjelaskan ada 4 (empat) klasifikasi informasi di e-PPID yang harus dipahami oleh masyarakat.

“Adapun 4 (empat) klasifikasi informasi adalah Informasi Berkala, Informasi Tersedia Setiap Saat, Informasi Serta-Merta dan Informasi Dikecualikan.

1. Jenis Informasi Berkala adalah berisi tentang informasi yang diunggah secara berkala, seperti Laporan Keuangan, Data
Statistik, Rencana Agenda dan berbagai informasi yang dapat berubah dalam kurun
waktu tertentu.

2. Jenis Informasi Setiap Saat berisi tentang data informasi publik yang tersedia setiap saat, seperti Modul Pendidikan Pemilih, Pedoman Pemberian Beasiswa dan Tugas Belajar dan Izin Belajar, dan data lainnya.

3. Informasi Serta Merta Berisi tentang data informasi serta merta, seperti Tindak Lanjut Putusan Mahkamah Konstitusi Pada Pemilu 2019.

4. Informasi Dikecualikan Berisi tentang berbagai keputusan tentang informasi yang dikecualikan dalam KPU.
Dari empat jenis informasi ini, hanya jenis informasi dikecualikan yang tidak bisa dikonsumsi oleh publik, “Jelas asri.S

Selain menjelaskan klasifikasi informasi, M. Asri juga menjelaskan tata cara permintaan data dan informasi dilayanan e-PPID.

“Permohonan data dan informasi bisa di akses oleh masyarakat lewat website KPU Sulsel yaitu https://sulsel.kpu.go.id/ setelah masuk di website KPU Sulsel anda bisa memilih fitur yang disediakan yang tertulis “E-PPID” dan langsung terhubung.
Langkah selanjutnya adalah memilih fitur formulir “Permohonan Informasi” dan membuat akun. Setelah membuat akun anda bisa mengisi formulir rincian data diri sebagai pengguna informasi dan jenis permohonan informasi, setelah mengisi data formulir dengan benar klik fitur “Kirim” ke KPU dan anda langsung mendapatkan nomor registrasi.
Selanjutnya nomor registrasi tersebut anda simpan.
Waktu merespon balik tergantung jenis permohonan informasi kalau informasi pemilihan umum dan pemilihan memakan waktu 3 hari kerja atau bisa diperpanjang 2 hari kerja kalau informasi publik memakan waktu 10 hari kerja atau bisa diperpanjang 7 hari kerja anda juga bisa mengecek ulang permohonan data dan informasi anda dengan masuk ke layanan E-PPID dengan memilih fitur “Cek Status” permohonan dan mengisi nomor registrasi yang anda terima pada saat pengajuan permohonan informasi, selain itu anda juga bisa mengakses di aplikasi media dalam jaringan yaitu WhatsApp dengan mengakses nomor 0812-9411-2929. “Tutup asri.

Dengan adanya e-PPID, masyarakat bisa lebih mudah mengakses data dan informasi yang dibutuhkan tanpa keluar rumah ditengah mewabahnya Covid 19 ini, serta sebagai bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan diharapkan kegiatan tersebut dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi. (Aam)

Check Also

ASRAR RESMI JABAT SEKRETARIS KPU KOTA MAKASSAR

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan Adnan Tahir resmi melantik Asrar Marlang …