Sabtu , Mei 8 2021
Home / Berita / Plt KETUA KPU RI JADI NARASUMBER PADA KEGIATAN SEMINAR NASIONAL IKA FISIP UNHAS

Plt KETUA KPU RI JADI NARASUMBER PADA KEGIATAN SEMINAR NASIONAL IKA FISIP UNHAS

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Pelakasana Tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) Ilham Saputra menjadi Narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin, hari Sabtu (10/4) di Hotel Four Points Makassar.

Kegiatan yang dihadiri oleh para tokoh nasional tersebut mengangkat tema Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 yang Berintegritas untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat.

Pada kegiatan tersebut Plt. Ketua KPU RI Ilham Saputra dalam materinya mengatakan bahwa Pemilihan Umum merupakan elemen pertama dari sebuah demokrasi

“Melalui Pemilihan Umum, rakyat menunjukkan kedaulatannya dalam memilih pemimpin seperti Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD dan Anggota DPRD dan melalui Pemilihan Umum lokal yang disebut Pilkada. Rakyat juga menunjukkan kedaulatannya untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota, olehnya itu Pemilihan Umum merupakan elemen pertama dari sebuah demokras. Melalui Pemilihan Umum rakyat memilih wakilnya, selanjutnya para wakil rakyat ini diserahi mandat kedaulatan rakyat untuk mengurusi negara.”kata Ilham.

Lanjut Ilham, dalam paparan materinya mengatakan bahwa Pemilu dan Pemilihan Serentak adalah upaya untuk melahirkan pemimpin demokratis yang mensejahterakan masyarakat.

“Pemilu, secara tidak langsung menjadi pintu gerbang bagi lahirnya pemimpin demokratis RI, Provinsi, hingga level Kabupaten dan Kota yang akan berupaya mewujudkan kesejahteraan rakyat dan bertanggung jawab penuh kepada pemilihnya (rakyat) olehnya itu dibutuhkan lembaga yang independen, penyelenggara yang berintegritas, peserta yang sportif, dan pemilih yang cerdas untuk dapat menjalankan demokrasi yang berkualitas yang pada akhirnya bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.”jelas Ilham.

Kegiatan seminar nasional ini dilaksanakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin dalam rangka musyawarah besar ke-VI (enam) IKA FISIP UNHAS.(Aam)

Check Also

PERKUAT HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA, KPU SULSEL SILATURAHMI KE KEJATI SULSEL

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan silaturahmi ke Kejaksaan Tinggi Provinsi …