Sabtu , Mei 8 2021
Home / Berita / KPU SULSEL BANGUN RENCANA PENGEMBANGAN DAN PENGGUNAAN SIPDAPIL

KPU SULSEL BANGUN RENCANA PENGEMBANGAN DAN PENGGUNAAN SIPDAPIL

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Komisi Pemilihan umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Evaluasi Pemilu Tahun 2019 dan Pemilihan Tahun 2020 terkait Rencana Pengembangan dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pemutakhiran Data Pemilih (SIPDAPIL) pada Pemutakhiran Data Berkelanjutan di Lingkungan dan Cakupan (Lingkup) KPU se-Sulawesi Selatan, pada Hari Kamis (15/4) bertempat di Aula KPU Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan secara Virtual via Zoom Cloud Meeting.

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) KPU Provinsi Sulawesi Selatan melibatkan sebanyak 16 peserta terdiri dari; Anggota KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi sebanyak 4 orang yang berasal dari KPU Kabupaten Luwu, Wajo, Pinrang, dan KPU Kota Makassar serta Operator Sidalih KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan sebanyak 12 orang yang berasal dari KPU Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Barru, Bulukumba, Luwu Utara (Lutra), Luwu Timur (Lutim), Toraja Utara (Torut), Bantaeng, Gowa, Soppeng, Maros dan Bone.

Rapat Koordinasi tersebut dipandu langsung oleh Uslimin selaku Koordinator Divisi Data KPU Provinsi Sulawesi Selatan yang didampingi oleh Ismail Masse, Koordinator Bagian Program, Data, Organisasi dan Sumber Daya Manusia, serta Sub Koordinator Program, Data dan Informasi, Rachmat Rahim. Uslimin dalam arahannya bahwa Rakor ini membahas tentang pengaktifan kembali aplikasi SIPDAPIL dalam mendukung Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Sulawesi Selatan.

Berbagai saran dan masukan yang diajukan oleh berbagai pihak agar ada penambahan fitur yang tidak tersedia sebelumnya, lalu disesuaikan dengan kondisi Pemilihan Terakhir pada Tahun 2020. Diantaranya, pendeteksian data invalid atau anomali, penambahan fitur history atau rekam jejak data yang ada, fitur pengecekan oleh pemilih secara interaktif baik itu sebagai pemilih baru, pemilih tidak memenuhi syarat ataupun pengubahan data, dan lain lain. Diharapkan aplikasi ini dapat memudahkan KPU Kabupaten/Kota dalam melakukan pemutakhiran pemilih berkelanjutan ke depannya. Ujar Uslimin.

Harapan dari pasca pelaksanaan kegiatan Rakor tersebut yaitu tersosialisasinya informasi ke KPU Kabupaten/Kota mengenai rencana pengaktifan kembali SIPDAPIL serta pembaharuan ataupun penambahan item atau fitur yang terdapat dalam aplikasi SIPDAPIL. Penambahan fitur dan pembaharuan aplikasi ini tidak lain bertujuan untuk terwujudnya system informasi data yang lebih baik, sesuai dengan kebutuhan perkembangan ditengah-tengah masyarakat Pemilih. (SR)

Check Also

PERKUAT HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA, KPU SULSEL SILATURAHMI KE KEJATI SULSEL

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan silaturahmi ke Kejaksaan Tinggi Provinsi …