Minggu , Mei 9 2021
Home / Berita / LINDUNGI HAK PILIH WARGA NEGARA, KPU SULSEL MAKSIMALKAN PENGGUNAAN SIPDAPIL

LINDUNGI HAK PILIH WARGA NEGARA, KPU SULSEL MAKSIMALKAN PENGGUNAAN SIPDAPIL

Makassar, sulsel.kpu.goid – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi lanjutan rencana pengembangan dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemutakhiran Data Pemilih (Sipdapil) pada pemutakhiran data pemilih yang dilakukan secara berkelanjutan di Sulawesi Selatan, hari Senin (19/4) di Aula Kantor KPU Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang mengundang Anggota KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi serta Admin/Operator Sistem Informasi Data Pemilih tersebut membahas tentang teknis penggunaan aplikasi Sipdapil dalam mendukung pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Uslimin mengatakan bahwa aplikasi Sipdapil nantinya akan mencamtumkan sejarah pembuatannya, “pada aplikasi ini nantinya akan mencantumkan sejarah pembuatan Aplikasi Sipdapil, agar nantinya user bisa mengetahui dan memahami asal usul pembuatan aplikasi tersebut.”kata Uslimin sapaannya.

Lanjut mantan pimpinan redaksi  media tersebut, Uslimin menjelaskan bahwa aplikasi Sipdapil akan mendeteksi kegandaan pemilih lintas Kabupaten dan Kota serta akan terintegrasi ke aplikasi E-Coklit yang dikembangkan oleh KPU Kota Makassar pada pemutakhiran data pemilih.

“Penyiapan aplikasi Sipdapil untuk 24 KPU kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu untuk mendeteksi kegandaan data pemilih lintas kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Selatan serta menampung pemilih yang melakukan ubah data, tidak memenuhi syarat dan pemilih baru, rencana pengembangan yang akan dilakukan kedepan lagi nantinya data pemilih yang dihasilkan oleh Sipdapil tersebut akan terintegrasi ke Aplikasi Elektronik Pencocokan dan Penelitian yang dikembangkan oleh KPU Kota Makassar sebagai alat pemutakhiran data pemilih di KPU Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Selatan, demi menunjang kualitas dan keakuratan data pemilih.”jelas Uslimin.

Pengembangan Aplikasi tersebut adalah upaya lembaga penyelenggara pemilihan dan pemilihan umum (KPU) untuk melahirkan kualitas data pemilih yang akurat serta sebagai upaya  untuk melindungi hak pilih warga negara khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan. (Aam)

Check Also

PERKUAT HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA, KPU SULSEL SILATURAHMI KE KEJATI SULSEL

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan silaturahmi ke Kejaksaan Tinggi Provinsi …