Minggu , Mei 9 2021
Home / Berita / TANAMKAN KEPEDULIAN PEMILIH DAN DEMOKRASI DARI DESA, KPU SULSEL GALAKKAN PEMBENTUKAN DESA PEDULI PEMILU DAN PEMILIHAN

TANAMKAN KEPEDULIAN PEMILIH DAN DEMOKRASI DARI DESA, KPU SULSEL GALAKKAN PEMBENTUKAN DESA PEDULI PEMILU DAN PEMILIHAN

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Paritisipasi Masyarakat, hari Selasa (20/4) di Media Center Kantor KPU Provinsi Sulawesi Selatan yang diselenggarakan secara virtual via zoom cloud meeting.

Kegiatan yang mengundang Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Mayarakat serta Kepala Sub Bagian Teknis 24 (dua puluh empat) KPU Kabupaten dan Kota tersebut membahas kelanjutan progres atau perkembangan pembentukan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di 24 (dua puluh empat) Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Selatan.

Rapat Koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Misna M. Attas selaku Koordinator Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Provinsi Sulawesi Selatan yang didampingi oleh Muhammad Asri, Selaku Pelaksana Tugas Koordinator Bagian Hukum, Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat,

Dalam kegiatan tersebut Muhammad Asri mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui progres dan perkembangan pembentukan desa peduli pemilu dan pemilihan di 24 kabupaten dan kota. “Dalam rangka monitoring dan adanya Pilot Project Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang disingkat DP3 tahun 2021, maka KPU Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi dengan KPU Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Selatan untuk mengetahui Progres Pelaksanaan Program DP3 ini dalam upaya meningkatkan partisipasi politik masyarakat.” Ungkap Asri.

Misna M. Attas pada kegiatan tersebut juga menyampaikan mengenai peristilahan program DP3, “Bahwa nama dari pilot project ini bukan lagi bernama Desa Melek Politik melainkan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan. Dan diharapkan program DP3 ini tetap dijalankan dengan senyatanya secara progresif karena mengingat bertindak nyata lebih baik ketimbang hanya sebatas wacana saja.”jelas Misna.

Lanjut Misna berharap pembentukan Desa peduli Pemilu dan Pemilihan ini masyarakat bisa aktif demi mensukseskan pemilu dan demokrasi, “Lebih dari itu Kepedulian Masyarakat sebagai warga negara dalam konteks Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan akan membawa mereka untuk aktif adalah tujuan utama dari program ini (DP3). Keaktifan tersebut tidak hanya sekedar berpartisipasi pada saat pemungutan suara, tetapi juga aktif pada seluruh tahapan Pemilu dan Pemilihan diberbagai tingkatan. Keaktifan ini akan membentuk tiang penyangga yang kuat dalam kesuksesan Pemilu dan lebih jauh lagi terhadap penguatan demokrasi maupun pembangunan daerah. Hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya Pilot Project program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan.”Tutup Misna. (SR)

Check Also

PERKUAT HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA, KPU SULSEL SILATURAHMI KE KEJATI SULSEL

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan silaturahmi ke Kejaksaan Tinggi Provinsi …