Sabtu , Mei 8 2021
Home / Berita / FUNGSIKAN APLIKASI PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH, KPU SULSEL MENYELENGGARAKAN RAKOR

FUNGSIKAN APLIKASI PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH, KPU SULSEL MENYELENGGARAKAN RAKOR

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Dalam Jaringan (Daring) bersama KPU Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Selatan dengan membahas Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021  bertempat di Aula KPU Provinsi Sulawesi Selatan. (4/5).

Kagiatan rakor ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Surat KPU Republik Indonesia (KPU RI) tertanggal 21 April 2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 khususnya menyangkut publikasi atau pengumuman hasil permutakhiran bulan April dan surat tertanggal 27 April 2021 perihal Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES).

Adapun peserta yang menjadi peserta dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut yaitu Ketua, Anggota KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Kepala Sub Bagian Program dan Data serta Admin/Operator Sidalih KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan. Kegiatan rakor tersebut dipimpin oleh Uslimin selaku Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Sulawesi Selatan dan Rachmat Rahim Kepala Sub Bagian Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi Sulawesi Selatan yang bertindak sebagai Moderator.

Uslimin dalam arahannya, mengingatkan untuk selalu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak swasta maupun pemerintah terkait publikasi informasi data pemilih. Uslimin juga menekankan agar supaya Data Pemilih yang dihasilkan nantinya adalah produk data informasi yang berkualitas baik, sehingga jalannya roda kelembagaan KPU pada Umumnya dalam menjalankan amanat aplikatif demokrasi yang substantif dan progresif.

Dalam waktu dekat ini akan ada Pemilihan Kepala Desa yang tentunya kedepan dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) akan bekerja sama dengan KPU Kabupaten/Kota terkait dengan Data Pemilih Tetap (DPT).

“Setali berjalan kedepan BPMD akan melakukan permutakhiran data dari data pemilih tetap yang kita berikan kepada BPMD nantinya dan pada saat Pilkades selesai, DPT yang lalu kita serahkan kemudian telah dimutakhirkan di tingkat desa oleh BPMD lalu diberikan Kembali ke KPU Kabupaten Kota. Hal ini tentu sangat membantu KPU Sehingga terjalin kerja sama yang bermanfaat kedua belah pihak antara KPU Kabupaten/Kota dan BPMD.” ucap Uslimin.

“Sekedar informasi bulan Mei 2021 aplikasi Sistem Informasi Permutakhiran Data Pemilih (SIPDAPIL) sudah dapat dioperasikan.” Tutup Uslimin. (SR).

Check Also

KELOLA KEARSIPAN LEMBAGA, KPU SULSEL KERJA SAMA DENGAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

Makassar, sulsel.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Rapat Konsolidasi Kelompok Kerja (Pokja) …